Stabilitas Harga Sembako Jelang Idul Fitri 1445 H Di Pasar Tradisonal Di Desa Selat

Avatar

- Penulis

Minggu, 31 Maret 2024 - 10:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemayungnews.idBATANGHARI -Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, yang dikenal juga sebagai hari lebaran 2024, kekhawatiran akan lonjakan harga bahan pangan dan sembako menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Akan tetapi, suasana di Pasar Selat Pemayung,Kabupaten Batanghari, salah satu pasar tradisional di Jambi, memberikan angin segar dengan kondisi harga yang terpantau stabil, bahkan untuk beberapa komoditas tercatat mengalami penurunan harga.

 

Pada Minggu, 31 Maret 2024, berbagai jenis bahan pangan dan sembako di Pasar Tradisonal Selat  dilaporkan memiliki harga yang tidak hanya stabil tetapi menunjukkan penurunan, khususnya untuk harga cabai merah. Menurut Musli, salah satu penjual di pasar, harga cabai merah kini berada di angka Rp25 ribu per kilogram, menurun dari harga minggu sebelumnya. “Hari ini turun, belum tahu untuk beberapa hari ke depan,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Bukan hanya cabai, beberapa komoditas penting lainnya juga tercatat stabil. Harga bawang merah berada di Rp25 ribu per kilogram, daging segar Rp130 ribu per kilogram, ayam Rp32 ribu per kilogram, ikan nila Rp 33 ribu per kilogram, dan ikan tongkol Rp25 ribu per kilogram. Jainal  penjual ayam, menambahkan, “Harga ayam untuk saat ini masih stabil, harga perkilonya Rp32 ribu. Tapi untuk hari berikutnya mungkin saja mengalami kenaikan di kisaran harga Rp 5 ribu hingga Rp37 ribu per kilogram ayam.”

 

Penjual daging, Sulai, memprediksi bahwa harga daging biasanya mengalami kenaikan harga H-7 menjelang lebaran. “Untuk harga daging sekarang masih Rp 130 ribu perkilonya. Tapi sekitar 7 harian menjelang lebaran harga daging bisa mengalami kenaikan di kisaran harga Rp 140 ribu perkilonya, kalau mendekati hari lebaran bisa jadi harga daging di harga Rp 150 ribu per kilogram.”

Baca Juga  Dihadapan Siswa-siswi Sekolah Dasar, Polres Tanjab Barat dan Pemkab Lakukan Sosialisasi Sejak Dini Bahaya Narkoba

 

Heri Bonges, seorang penjual ikan, juga mencatat adanya penurunan harga pada komoditasnya. “Sekarang ini harga lagi turun. Harga ikan Nila sekarang Rp 33 ribu per kilogram, biasanya di harga Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu per kilogramnya. Untuk ikan tongkol masih di harga standar yaitu Rp25 ribu per kilogram,” jelasnya.

 

Meskipun ada kecenderungan harga beberapa komoditas untuk stabil atau bahkan menurun, pedagang dan pembeli di Pasar Selat ,Pasar Tradisonal tetap waspada terhadap potensi perubahan harga yang mungkin terjadi menjelang Idul Fitri. Stabilitas harga ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempersiapkan perayaan lebaran dengan lebih baik, tanpa kekhawatiran akan beban ekonomi tambahan akibat lonjakan harga sembako.(Alamsyah)

Berita Terkait

RAT Yang Ke-2 Tahun Buku 2023 KUD Tungkal Ulu Berlangsung Sukses
Dandim 0415/Jambi Ajak Masyarakat Maknai Pentingnya Hari Kebangkitan Nasional
Kadis PUTR Batanghari Bungkam Saat Ditanya Jurnalis Terkait Jembatan Rusak
Kepala Desa Ture, Saya Atas Nama Pemerintahan Turut Berdukacita Atas Wafatnya Bapak Badrun
Viral Di Medsos Video Tongkang Batu Bara Tabrak Tiang Jembatan Aurduri I
Dandim 0415/Jambi Buka Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024
Dukung Pengembangan Ekonomi Lokal, Anggota Kodim 0416/Bute Ikuti Pelatihan Pembuatan Tempe
Operasional Angkutan Batu bara Kembali Dibuka, Ini Himbauan Dirlantas Polda Jambi
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 13 Mei 2024 - 10:19 WIB

KKP dan Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 125 ribu BBL di Jambi

Berita Terbaru

Berita Terbaru

RAT Yang Ke-2 Tahun Buku 2023 KUD Tungkal Ulu Berlangsung Sukses

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:52 WIB