Tol Baleno Diresmikan Presiden Jokowi, Kepala BPJN Sebut Akan Beroperasi Tahun Ini Tunggu Kelengkapan Administrasi

Avatar

- Penulis

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemayungnews.idJAMBI – Setelah dilakukan pengerjaan melalui tahapan panjang, sesi satu hingga sesi Tiga akhirnya rampung yang mana koneksivitas antara Jambi menuju Sumatera Selatan semakin dekat.

 

Jalan tol Bayung Lencir – Tempino (Baleno) tersebut diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Diresmikannya jalan tol Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino sepanjang (34 km) tersebut merupakan Jalan tol pertama di Provinsi Jambi yang merupakan bagian Ruas Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi.

 

Selain meresmikan jalan tol Bayung Lencir – Tempino , Presiden Jokowi juga meresmikan  Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km).

 

Dengan tambahan dua jalan tol tersebut menunjukkan komitmen PT Hutama Karya  dalam memperkuat infrastruktur nasional terutama di Tol Trans Sumatera (JTTS).

 

Disampaikan Orang Nomor Satu di Indonesia tersebut bahwa, jalan tol tidak sepenuhnya dibangun oleh swasta dan didanai oleh sektor swasta. Namun, banyak jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga melalui anggaran APBN.

 

“ Dengan adanya jalan tol, khususnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diharapkan mampu mempercepat mobilitas barang, orang, dan distribusi logistik, sehingga setiap daerah di Indonesia dapat bersaing dengan daerah-daerah di negara lain, mengingat persaingan antar negara sangat ketat, “ kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan.

 

Presiden juga menyebutkan, Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi ini dibuat sepanjang 34 km dan telah selesai dibangun dengan anggaran sebesar 5,6 triliun rupiah.

 

Baca Juga  PULUHAN PERSONEL POLAIRUD JAMBI DAN BHAYANGKARI MENDAPATKAN MOTIVASI DARI SANG PAKAR KOMUNIKASI DAN MOTIVATOR NASIONAL

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Ibnu Kurniawan saat diwawancarai menyebutkan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ) tol Bayung Lencir Tempino (Baleno Seksi 3) sebelum diresmikan Pak Presiden.

 

“ Alhamdulillah, hari ini Pak Presiden telah meresmikan Jalan Tol Baleno yang disaksikan anggota DPR RI Dapil Jambi H Bakri bersamaan Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km), “ ujarnya, Rabu (16/10/24).

 

Untuk kapan bisa dioperasionalkan, Ibnu Kurniawan menjelaskan bahwa jalan tol ini belum dioperasionalkan karena masih menunggu kelengkapan administrasi sehingga bisa digunakan.

 

“ Nantinya, jalan tol ini ketika Administrasi telah lengkap jalan tol sudah bisa di operasionalkan dan tidak ada uji coba tapi tarif nol sampai keluar SK tarif tol,” lanjutnya.

 

Sedangkan untuk taris tol sendiri, Kepala BPJN menambahkan masih dalam pembahasan sehingga nominalnya sesuai dengan pembahasan yang disepakati.

 

Sebelumnya, Ibnu menyebutkan bahwa Tol Baleno seksi 3 paling sedikit yang dikoreksi, dan dilapangan rekomendasinya sudah hampir siap dikerjakan, rekomendasinya termasuk gampang dikerjakan. Untuk Baleno seksi 3 ini, rekomendasinya tidak sebanyak hasil ULFJ di tempat lain (tol lainnya di Indonesia).

 

Hasilnya penilaian tim pengerjaan baik dan hanya sedikit rekomendasi yang diberikan. Hal itu membuktikan pekerjaan yang dilakukan di tol yang melintasi Jambi itu termasuk yang terbaik di Indonesia.

 

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan juga mengatakan rekomendasi ULFJ tak signifikan dan termasuk ringan untuk di laksanakan.

 

“ Rekomendasi ULFJ itu seperti terkait penerangan lampu jalan, rambu jalan yang digeser ke tempat yang lebih akurat, pembersihan drainase yang kotor, tutup drainase yang hilang karena dicuri, serta pemasangan barier untuk membatasi jalur ke ruas tol seksi 4 yang saat ini tengah dikerjakan,” sambungnya.

Baca Juga  Surati Pemerintah Kota, Ditlantas Polda Jambi Minta Truk Tambang, Pasir, Batu dan Mobil Box Tak Isi BBM dalam Kota

 

Tahapan sejauh ini administrasi tengah dirampungkan dan sedang menunggu surat dari Kementerian Perhubungan untuk nantinya akan didapatkan SK Operasional dari Menteri PUPR. (Viryzha)

Editor : Alamsyah

Berita Terkait

Komitmen Kemenkumham Jambi Jadikan Percontohan Bebas Halinar, Lapas Sarolangun Gledah Kamar Blok Narkoba
Operasi Zebra Siginjai 2024 Dimulai, Ini Sasarannya
Diduga Air Kemasan Merk Wigo Ditemukan Oleh Warga Tanpa Tanda Expired
Tokoh Masyarakat Desa Sogo Sepakat Dukung MBZ, Bang Jon : Lanjutkan
UPAYA DIVERSI BERHASIL, 6 ORANGPK BAPAS KELAS I JAMBI LAKUKAN PENDAMPINGAN DAN PENGAWASAN KLIEN ANAK PELAKU PENGEROYOKAN
Jumat Berkah, Ratusan Nasi Bungkus dibagikan DPC Grib Kota Jambi
Turut Merugikan Masyarakat, Arian Arifin Ketua DPD PUSPA-RI Kabupaten Batanghari Berencana Akan Gugat PLN Jambi
Breaking News! Tekui Akhirnya Berhasil Ditangkap Bareskrim Polri
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 16 Oktober 2024 - 17:09 WIB

Tol Baleno Diresmikan Presiden Jokowi, Kepala BPJN Sebut Akan Beroperasi Tahun Ini Tunggu Kelengkapan Administrasi

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:56 WIB

Komitmen Kemenkumham Jambi Jadikan Percontohan Bebas Halinar, Lapas Sarolangun Gledah Kamar Blok Narkoba

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:23 WIB

Polri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:19 WIB

Anugerahi Presiden Jokowi Loka Praja Samrakshana, Kapolri: Bentuk Penghormatan Institusi 

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:16 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 10:48 WIB

Diduga Air Kemasan Merk Wigo Ditemukan Oleh Warga Tanpa Tanda Expired

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 05:39 WIB

Tokoh Masyarakat Desa Sogo Sepakat Dukung MBZ, Bang Jon : Lanjutkan

Jumat, 11 Oktober 2024 - 21:39 WIB

UPAYA DIVERSI BERHASIL, 6 ORANGPK BAPAS KELAS I JAMBI LAKUKAN PENDAMPINGAN DAN PENGAWASAN KLIEN ANAK PELAKU PENGEROYOKAN

Berita Terbaru