Pelaksanaan Acara Penutupan Tim PPK ORMAWA MISETA Universitas Jambi Tahun 2023 di Desa Serasah Bertabur Haru

Avatar

- Penulis

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

pemayungnews.id – BATANG HARI – Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. TIM PPK ORMAWA MISETA UNJA dengan mengangkat tema “Zero Waste Production Management” telah menyelesaikan programnya pada Kamis, 28 Oktober 2023. Rangkaina program yang telah terlaksanakan yaitu sebagai berikut :


1. Pembanguanan sanggar tani
Membagun sanggar tani bertujuan sebagai wadah untuk berkomunikasi antara petani, karamg taruna dan juga masyarakat desa Serasah ataupun para penyuluh pertanian. Sehingga sumber daya masyarakat petani dapat terus berkembang.


2. Sosialisasi dan pelatihan program pembuatan pupuk organik
Sosialisasi dan pelatihan program pembuatan pupuk organik dilaksanakan tim PPK ormawa dan apparat desa Serasah, tokoh desa, serta sasaran program yaitu KWT, karang taruna dan masyarakat desa Serasah. Dalam sosialisasi dijelaskan mengenai keunggulan pupuk organik, dilanjutkan dengan mempraktekkan langsung cara pembuatan pupuk organik bersama dengan masyarakat.

3. Sosialisasi dan pelatihan program pembuatan briket
Sosialisasi dan pelatihan program pembuatan briket dengan sasaran program karang taruna dan ibu PKK serasah. Dalam sosialisasi dan pelatihan tim PPK ormawa menjelaskan bagaimana cara pemamfaatan limbah pelepah sawit yang di olah menjadi produk ekonomis yaitu briket.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

masyarakat desa antusias dalam mengikuti dan memahami tahap-tahap dalam pembuatan briket. langkah selanjutnya dilakukan produksi ulang pembuatan briket yang di praktekkan langgsung oleh ibu PKK dan karang taruna desa Serasah.


Pada kata sambutannya Bapak Moh. Sayfuddin selaku camat kecamatan Pemayung mengatakan “Kami berharap program ini dapat dilanjutkan oleh masyarakat dan tentunya didampingi dengan adik-adik dari tim PPK ORMAWA MISETA, karena saya rasa bahan baku yang diperlukan dapat ditemukan dengan mudah di desa Serasah, baik itu pelepah kelapa sawit maupun limbah ternak. Saya harap bagi masyarakat yang kemarin ikut serta dalam pelatihan dapat membagikan ilmunya pada masyarakat yang lain yang tidak dapat hadir, agar ilmu yang diberikan dapat benar-benar bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa serasah.ujar camat Pemayung

Baca Juga  Tingkatkan ke Taqwaan WBP Lapas Jambi Laksanakan Ibadah Shalat Jum’at


Ketua BPD: “ kami sangat-sangat berterimakasih kepada adik-adik tim PPK ORMAWA MISETA Unja atas partisipasinya selama ini di lingkungan masyarakat, baik itu di acarra kegiatan desa, ataupun kegiatan yang diadakan oleh pemuda pemudi karang taruna. Semoga Progtam-program yang telah dilaksanakan dapat berdampak kepda masyarakat”.


Selanjutnya kepala desa Serasah, Bapak Andha yani selaku kepala desa Serasah mengatakan “Kami mengucapkan terimakasih karena telah dipercaya untuk menjadi desa yang dipilih sebagai tempat terlaksananya program PPK ORMAWA yang telah diusulkan.

Semoga kita dapat memanfaatkan ilmu yang telah diberikan untuk kepentingan bersama kedepannya, dan dapat diperjualbelikan ke masyarakat kedepannya. Saya yakin tidak hanya adik-adik mahasiswa dari TIM PPK ORMAWA Universitas Jambi saja yang memberikan ilmu, tapi semoga mahasiswa juga mendapatkan ilmu dari masyarakat di desa Serasah ini. Dengan perpisahan ini bukanlah akhir dari dari segalanya, sehingga antara tim dan masyarakat tetap terjalin silaturahmi”.

Pak Dr. Ir. Endy Effran, S.P, M.Si selaku dosen pembimbing Tim PPK ORMAWA MISETA Universitas Jambi juga menyampaikan. “Program ini ditujukan.ntuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian desa, agar program ini dapat dilanjutkan untuk meningkatkan perekonomian desa, Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat dan perangkat desa yang telah ikut serta dalam berjalannya program ini sekaligus ikut membina mahasiswa-mahasiswi Tim PPK ORMAWA MISETA. Kegiatan ini boleh berakhir namun komunikasi jangan sampai terputus, saya harap hubungan antara miseta dan desa serasah ini akan terus berlangsung untuk kedepannya”.( red)

Penulis : windy

Berita Terkait

Pengoperasian Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir – Tempino) Tanpa Tarif Mulai 17 Oktober 2024, Catat Begini Ketentuannya
Tol Baleno Diresmikan Presiden Jokowi, Kepala BPJN Sebut Akan Beroperasi Tahun Ini Tunggu Kelengkapan Administrasi
Komitmen Kemenkumham Jambi Jadikan Percontohan Bebas Halinar, Lapas Sarolangun Gledah Kamar Blok Narkoba
Operasi Zebra Siginjai 2024 Dimulai, Ini Sasarannya
Diduga Air Kemasan Merk Wigo Ditemukan Oleh Warga Tanpa Tanda Expired
Tokoh Masyarakat Desa Sogo Sepakat Dukung MBZ, Bang Jon : Lanjutkan
UPAYA DIVERSI BERHASIL, 6 ORANGPK BAPAS KELAS I JAMBI LAKUKAN PENDAMPINGAN DAN PENGAWASAN KLIEN ANAK PELAKU PENGEROYOKAN
Jumat Berkah, Ratusan Nasi Bungkus dibagikan DPC Grib Kota Jambi
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 16 Oktober 2024 - 21:29 WIB

Pengoperasian Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir – Tempino) Tanpa Tarif Mulai 17 Oktober 2024, Catat Begini Ketentuannya

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:56 WIB

Komitmen Kemenkumham Jambi Jadikan Percontohan Bebas Halinar, Lapas Sarolangun Gledah Kamar Blok Narkoba

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:23 WIB

Polri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI

Senin, 14 Oktober 2024 - 13:19 WIB

Anugerahi Presiden Jokowi Loka Praja Samrakshana, Kapolri: Bentuk Penghormatan Institusi 

Senin, 14 Oktober 2024 - 08:05 WIB

Operasi Zebra Siginjai 2024 Dimulai, Ini Sasarannya

Jumat, 11 Oktober 2024 - 20:20 WIB

Turut Merugikan Masyarakat, Arian Arifin Ketua DPD PUSPA-RI Kabupaten Batanghari Berencana Akan Gugat PLN Jambi

Jumat, 11 Oktober 2024 - 16:49 WIB

Masyarakat Pemayung Kesal Dengan Kinerja PLN ,Dalam Sehari Mati 4 kali,”Kayak Minum Obat Aja

Kamis, 10 Oktober 2024 - 16:39 WIB

Selain Tangkap Helen Bos Narkoba di Jambi, Polisi Juga Tangkap 4 Kaki Tangannya

Berita Terbaru